Skip to main content

Rawa Bangkir Purbosari Purwasari Asal Kampungku

Rawa Bangkir - Sebelum lebih jauh mengenal Rawa Bangkir yang ada di Dusun Purbosari Desa Purwasari Kecamatan Wanareja ini, ada baiknya kita pelajari dulu apa itu Rawa. Rawa adalah daerah rendah yang tergenang air. Pada umumnya permukaan air rawa selalu di bawah lapisan atmosfer bumi atau setara dengan permukaan air laut, sehingga airnya selalu menggenang dan permukaan airnya selalu tertutup oleh tumbuhan- tumbuhan air. Pengertian lain dari rawa adalah lahan yang tergenang pleh air secara ilmiah dan terjadi secara terus menerus atau terjadi secara musiman yang diakibatkan karena drainase yang terhambat serta mempunyai ciri- ciri khusus secara fisika, secara kimiawi, dan juga secara biologis. Ada pula definisi tentang rawa lainnya yakni tanah berlumpur yang terbuat secara alami, atau juga buatan manusia dengan cara mencampurkan air tawar dan juga air laut yang dilakukan secara permanen maupun sementara, termasuk juga daerah laut yang kedalaman airnya kurang dari 6 meter.

Di Indonesia, rawa- rawa seperti ini biasanya terdapat di area perhutanan yang memiliki banyak pohon- pohon besar, lebat, dan juga liar. Terkadang, rawa- rawa ini sulit dibedakan dengan sungai. Terkadang kita menjumpai adanya sungai yang mirip dengan rawa- rawa. Sungai tersebut jika dilihat akan sangat mirip dengan rawa. Jika kita merupakan rang yang awam dengan kenampakan- kenampakan alam yang ada di bumi ini, pastilah kita akan mudah tertipu antara rawa dengan sungai ini. Namun jika kita serigkali mengamati kenampakan- kenampakan alam bumi ini maka kita tidak akan mudah tertipu. Rawa ini mempunyai beberapa ciri khusus yang membedakannya dengan sungai.
Akan tetapi Rawa Bangkir ini letaknya bukan terletak di hutan, akan tetapi di permukiman warga, karena rawa ini dulunya adalah sebuah kali atau sungai. Rawa ini selalu ada airnya karena bersebelahan dengan bendungan Manganti, jadi air rawa disini jarang sekali pergi.

Ciri- ciri Rawa
Beberapa ciri rawa akan kita bahas agar kita dapat membedakan yang mana rawa dan yang mana sungai. Yang pasti ciri khusus dari rawa ini menandakan bahwasannya rawa berbeda dengan sungai. Rawa ini mempunyai beberapa ciri khusus. Beberapa ciri khusus dari rawa antara lain:

Dilihat dari segi air, rawa memiliki air yang asam dan berwarna coklat, bahkan sampai kehitam- hitaman.
Berdasarkan tempatnya, rawa- rawa ada yang terdapat di area pedalaman daratan, namun banyak pula yang terdapat di sekitar pantai.
Air rawa yang berada di sekitar pantai sangat dipengaruhi oleh pasang surutnya iar laut.
Ketika air laut sedang pasang, maka permukaan rawa akan tergenang banyak, sementara ketika air laut surut, daerah ini akan nampak kering bahkan tidak ada air sama sekali. (baca : manfaat pasang surut air laut)
Rawa yang berada di tepian pantai banyak ditumbuhi oleh pohon- pohon bakau, sementara rawa yang berada di pedalaman banyak ditumbuhi oleh pohon- pohon palem atau nipah.
Itulah beberapa ciri khusus yang akan kita temui dari rawa ini. Jika kita menemui daerah dengan ciri- ciri tersebut mungkin saja daerah tersebut adalah rawa- rawa dan bukan sungai yang airnya mengalir dari hulu ke hilir.

Macam- Macam Rawa
Tahukah Anda bahwasannya rawa ini mempunyai bererapa jenis? Ternyata rawa ini mempunyai beragam jenis dan tidak hanya terdiri dari satu jenis saja. Berbagai macam jenis rawa tersebut antara lain dibedakan dari segi kandungan airnya. Dari segi kandungan airnya ini rawa- rawa dibedakan menjadi tiga macam yakni:

Rawa air tawar
Rawa memang terkenal memiliki air yang tawar. Rawa air tawar ini merupakan rawa yang airnya tawar dan airnya tidak mengalami pergerakan. Rawa yang demikian ini biasanya terdapat di area hutan- hutan dengan lokasinya dekat dengan aliran sungai. Air rawa jenis ini mempunyai sifat asam dikarenakan banyak sisa- sisa jasad makhluk hidup yang membusuk.

Rawa air asin
Meskipun lebih dikenal dengan air tawar, namun ternyata ada pula jenis rawa yang mempunyai air yang asin. Rawa yang memiliki air asin ini biasanya terdapat di sekitar pantai. Pada jenis rawa yang demikian ini, air dapat mengalami pergerakan sehingga terjadi pergantian air. Hal ini terjadi karena adanya gelombang laut pasang yang merendam sebagian atau seluruh kawasan rawa. Air rawa jenis ini biasanya tidak terlalu asam seperti jenis rawa yang pertama.

Rawa air payau
Rawa air payau ini merupakan rawa yang memiliki air yang bercampur dari air tawar dan juga air asin. Rawa yang seperti ini biasanya berada di dekat muara sungai dan air rawa ini dapat mengalami pergerakan, sehingga airnya dapat mengalami pergantian. Sama seperti rawa air asin, rawa jenis ini biasanya airnya tidak terlalu asin.
foto rawa bangkir
foto penjala.an
pemancingan rawabangkir

Rawa bangkir saat ini dimanfaatkan sebagai sarana pemancingan, rawa ini dikelola oleh Kelompok Tani Ikan di desa tersebut. Setiap empat bulan sekali diadakan pemancingan, banyak orang dari berbagai daerah datang ke rawa ini untuk sekedar melepaskan hobi memancing mereka, atau sengaja mencari ikan. 

Comments

Popular posts from this blog

Ngadul Damen Pari

Seorang Petani Sedang Ngadul Damen Ngadul Damen - Istilah jawa yang biasa dilakukan setelah panen padi, namanya Ngadul Damen/Ngudal Damen  . Dikampung saya kegiatan ini bisasnya dilakukan oleh para petani sehabis panen padi, damen atau pohon padi yang telah diambil padinya di sebarkan kembali agar tidak mengganggu proses penanaman padi. Membutuhkan ekstra tenaga yang kuat untuk melakukan kegiatan ini, karena dilakukan di sawah, apalagi jika sawahnya kurang air kaki ini akan terasa pegal jika sudah selesai.  Ngudal damen saat ini juga digemari oleh sebagian pemuda di Gayamsari/bangkir, dengan bekerja sebagai pengudal damen akan memperoleh upah Rp.75.000,- per 100 ubin nya. Liumayan, jika dikerjakan secara kelompok, bisa dapat ratusan ribu nih dalam beberapa minggu. poto sawah saat panen Tujuan petani melakukan ngudal damen adalah agar lahan padi tidak susah ditanami lagi, dan juga sebagai pupuk organik tanaman padi itu sendiri. Apalagi jika damen itu di bakar, kandungan

6 Tips Merawat Mobil Selama PSBB Agar Tetap Prima

SUMBER INFORMASI -pembatasan sosisal Bersekala Besar(PSBB) membuat aktifitas masarakat diluar rumah dibatasi.akibatnya mobil jarang digunakan. dalam hal merawat dan menjaga agar tetap prima dan perfoma kendaraan anda cukuplah penting mengingat kelistrikan dan mesin yang berhenti beroprasi selama PSSB atau pandemi corona yang selama ini meresahkan warga dunia.agar terhindar dari kerusakan komponen komponen kendaraan. 6. hal yang harus anda lakukan 1.hindari penggunaan tuas rem tangan tuas rem hindari penggunaan rem tangan dalam jangka waktu panjang rem tersebut memiliki mekanisme kontak langsung dengan disc brake pada bagian yang menahan laju kendaraan anda.jika penggunaan tuas rem dalam jangka panjang akan mengabitkan rem mobil menjadi lengket 2.masukan tuas tranmisi ke posisi ''P'' bagi anda yang menggunakan tranmisi otomatis atau matic akan sangat dianjurkan untuk memasukan tuas keposisi P.atau parking. dikaraenakan sangat berguna  u